Thursday, June 14, 2007

Memulai Bisnis Event Organizer

Event Organizer (EO), Apasih Event Organizer itu??...(tutt...tuuttt...mikir)....EO adalah sebuah bisnis yang menawarkan jasa penyelenggaraan suatu kegiatan. Trus Kayak Apa sih bisnis ini? nah lho.... Seberapa besar peluang bisnis ini untuk berkembang?, Nah trus klo untuk di Banten gimana khususnya di Serang???

Oke deh...ini nih Event Organizer.....
Seiring dengan booming acara-acara pameran, saat ini marak bermunculan perusahaan yang menawarkan jasa event organizer. Event organizer sendiri adalah bisnis yang menawarkan jasa penyelenggaraan suatu acara. Acara yang dimaksud seperti antara lain pameran, perlombaan, festival, konser musik, pesta perkawinan, pesta ulang tahun, dan lain-lain. Tentu saja peluang untuk bisnis ini cukup cerah melihat kegiatan orang-orang zaman sekarang yang ingin serba instan dan tidak mau repot dengan urusan-urusan yang rumit.....

Bagaimana prospek bisnis ini untuk di Banten (minus Tangerang lho...)..??
Walaupun Tidak banyak perkembangan bisnis ini di banten (Serang, Cilegon Pandeglang dan Lebak) bukan berarti tidak ada, memang jumlahnya belum banyak dan jika berniat untuk memulai, tentu saja peluang masih terbuka untuk menjadi pesaing di kandang sendiri.....
Beberapa diantara para pelaku bisnis ini di serang masih sekedar coba-coba karena kemungkinan faktor utamanya adalah pengalaman, beberapa event besar masih menggunakan EO dari luar daerah, tentu saja ini merupakan peluang yang harus kita bidik sebagai penghuni daerah.
Apapun bentuk bisnis yang kita lakukan tentu harus didasari dengan keyakinan bahwa kita mampu membawa usaha kita ini kepuncak kesuksesan, sehingga dengan keyakinan tersebut tidak lagi memikirkan siapa pesaing kita, selama mau untu ACTION tentu saja ada kesempatan yang dapat kita buat agar kita sukses.....

Ho..ohoo....Soryy kebanyakan ngomong nih, jadi lupa dengan seubject nya.....
Nah Rekan's berikut ini ada faktor-faktor yang sebaiknya Rekan's persiapkan dalam memulai mendirikan Event Organizer (EO), so boleh deh diplajari.....

1.

Tempat. Apakah harus menyewa tempat atau bisa dijalankan dari rumah? Anda mungkin akan keluar jauh lebih banyak uang jika harus menyewa tempat sendiri, padahal mungkin Anda tidak menggunakan kantor setiap hari. Anda mungkin akan lebih sering mengunjungi klien diluar kantor. Karena itu jika dana Anda terbatas bisa dipertimbangkan untuk berkantor di rumah.
2.

Modal. sediakanlah modal yang cukup untuk keperluan sebagai berikut:
1.

Modal awal membuka usaha (perijinan, inventaris kantor seperti kcomputer, handset telpon, meja kursi, kendaraan)
2.

Modal kerja untuk membayar biaya operasional selama perusahaan belum menghasilkan keuntungan. Biaya operasional antara lain listrik, telpon, gaji karyawan, kas kecil, dan lain-lain. Siapkanlah modal kerja minimal 6 s/d 12 bulan, atau jika Anda optimis bisa disiapkan 3 bulan saja
3.

Adapun pajak bisa dipotong dari laba kotor, sehingga laba bersih menjadi milik perusahaan. Untuk mengetahui apakah bisnis Anda laba atau rugi tentunya Anda harus membuat laporan Laba Rugi secara rutin tiap bulan.
3.

Rencana pengendalian keuangan:
1.

Proyeksi laba rugi, arus kas, dan Neraca sampai dengan minimal 1 tahun atau sampai dengan 3 tahun ke depan. Tujuannya adalah agar dengan menetapkan target pemasukan (omzet) pada laporan Laba Rugi, Anda bisa memperkirakan dari pemakaian modal pada laporan arus kas kapan bisa break even. Kemudian melihat perkembangan harta kekayaan perusahaan di laporan Neraca
2.

Menyelenggarakan administrasi usaha secara tertib dengan melakukan pembukuan secara rutin.misalnya dengan membuat buku kas harian dan buku kas bulanan.
4.

Strategi pemasaran:
1.

Buatlah strategi penetapan harga fee yang kompetitif atas pemakaian jasa Anda
2.

Tetapkanlah siapa target market bisnis Anda
3.

Jasa apa saja yang ditawarkan event organizer Anda
4.

Buatlah strategi promosi yang ampuh dan mudah dijalankan, agar event organizer Anda cepat dikenal orang.

Nah, klo dah tau apa yang harus disiapkan untuk menjadi "Pemain" Event Organizer langsung ajah ACTION donk.......
Semoga Bermanfaat, so.....Jadi EO??? Siapa Takuuttt....?????


Salam ,
Fauzi Affandi

:: sumber Materi : www. perencanakeuangan.com

7 comments:

Unknown said...

klo cara masukin band gmn?
contohnya aya punya band trus pengen masukin proposalnya gmn dan bandnya harus gmn? idealis or lagu demo sendiri

Anonymous said...

Ada punya contoh proposalnya, ga?

Anonymous said...

TERUMBU KARANG ARTWORK BISA MEMBUAT LEMARI ASAM, KAMI JUGA BERGERAK DI BIDANG JASA PEMBUATAN:
1. BOOTH PAMERAN, PANGGUNG, DLL
2. DEKORASI ACARA PESTA WEDDING, IDUL FITRI, NATAL, IMLEK, DLL
3. PATUNG&RELIEF DARI STRAYFOAM/GABUS, FIBERGLASS, SEMEN, DLL
4. RENOVASI INTERIOR-EKSTERIOR RUMAH-KANTOR, KANTOR, DLL
5. ART FURNITURE/MEBEL RUMAH TANGGA, KANTOR, LEMARI ASAM, DLL
6. ANEKA LAMPION
7. BACKGROUND STUDIO FOTOGRAFI
HUB:
BAMBANG PERMADI
JL. SILINDRI 9 NO 3
DRIYOREJO KOTABARU GRESIK
TELP. 081 615 290 682-031 72 45 151

undeadstories said...

Thanks
Nice Info :)

HUZAIFAH RATU said...

Haloo...ikutan aah...interest juga saya dengan bisnis ini. Mau tau dari mana mulainya?

Anonymous said...

kalau ada yang butuh dibuatkan Backdropp untuk pameran bisa hUb.

Boss digital printing
Jl. Alternatif Cibubur di depan Kota Wisata

Telp. 02182494022

Unknown said...

butuh kendaraan hub dedi.081585862000